WELCOME

WELCOME

Minggu, 05 April 2015

Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UMS Terakreditasi A

          Dengan mengucap syukur kepada Allah SWT, Alhamdullilah Program Studi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta tercatat pada tanggal 3 April 2015 menjadi satu-satunya program studi yang mendapat akreditasi A setelah berjuang dan selama ini mendapat gelar akreditasi C. Visitasi PGSD FKIP UMS telah dilaksanakan dari tanggal 31 januari 2015 sampai dengan tanggal 1 Februari 2015. PGSD FKIP UMS di buka pada tahun 2007 yang dirintis oleh Bapak Drs. Saring Marsudi, SH, MPd.
Dari hasil pencarian di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) terdapat 122 program studi PGSD di seluruh indonesia dengan jumlah yang mendapat akreditasi :
1.             Akrditasi A sejumlah 1 yaitu PGSD FKIP UMS
2.             Akreditasi B sejumlah 46 dari universitas yang beragam.
3.             Akreditasi C sejumlah 75 dari universitas yang beragam.
          Pada tahun ajaran 2015/2016 PGSD FKIP UMS juga akan mulai memakai kurikulum baru yaitu KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).  SEKPRODI (sekretaris progdi) PGSD FKIP UMS ibu Murfiah Dewi Wulandari M. Psi ketika ditemui di ruang kerjanya  mengatakan : Pemerintah melalui SNPT (Standar Nasional Perguruan Tinggi) menuntut bahwa kurikulum perguruan tinggi se-Indonesia harus berdasar & memakai kurikulum baru yang bernama KKNI, dan PGSD FKIP UMS akan mulai menerapkannya pada tahun ajaran 2015/2016. Dengan adanya kurikulum baru tersebut akan ada beberapa perubahan di PGSD diantaranya : nantinya akan ada nama mata kuliah yang baru, untuk bisa lulus S.1 minimal harus 4 tahun, jumlah SKS (sistim kredit semester) yang harus ditempuh mahasiswa yang semula berjumlah 146 sks menjadi 148 sks, bagi mahasiswa yang revisi harus mengulanginya di semester 7 / 8, tidak adanya lagi istilah PPL tetapi diganti dengan Magang 1, 2& 3 di sekolah mitra yang dilaksanakan di semester ganjil yaitu semester 3, 5& 7. Semoga dengan meraih akreditasi A, PGSD FKIP UMS bisa menjadi pusat penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan tenaga guru Sekolah Dasar yang profesional, islami, unggul, dan inovatif sehingga bisa Menghasilkan tenaga guru Sekolah Dasar yang profesional dan islami.
           Diucapkan terima kasih kepada semua elemen yang telah membantu visitasi akreditasi sehingga berjalan dengan lancar dan sukses dengan mendapatkan akreditasi A. PGSD FKP UMS CERDAS & CAKAP (David Prabowo)


(Ibu Murfiah Dewi Wulandari M. Psi dengan Assesor dari BAN-PT)

(Assesor dengan didampingi Dekan FKIP UMS mengunjungi LAB. PGSD)

(Visitasi Akreditasi di Auditorium Muhammad Djasman UMS)

(Wawancara Divisi WKI HMP PGSD FKIP UMS Dengan Ibu Murfiah Dewi Wulandari M. Psi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar